BKK SMK Maritim Nusantara Sungai Limau Bisa Menerbitkan AK1

Sungai Limau–Bursa Kerja Khusus (BKK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Maritim Nusantara Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman sudah bisa mengeluarkan kartu AK1 (Pencaker). Kartu Dinasker khusus untuk para alumni SMK Maritim Nusantara itu diketahui oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja daerah itu.
Kepala SMK Maritim Nusantara, Roza Marlina menyebutkan, surat tanda daftar BKK sekolah sudah keluar. Boleh dikatakan surat itu sama dengan keluarnya izin operasional pendirian BKK SMK Maritim Nusantara sudah sah dan diakui.


Dengan demikian, kata Roza yang didampingi Ketua Yayasan, AS Edi, SMK Maritim Nusantara sudah bisa mengeluarkan surat AK 1 (Pencari Kerja). Terutama sekali bagi alumni SMK Maritim, dan cukup dikeluarkan oleh Ketua BKK yang sudah ada sertifikat BKK dari Depnakertrans yang  diketahui Kepsek. Surat dengan nomor 560/02/PTK-UKM/2018, tertanggal 10 September 2018 menyatakan, BKK SMK Maritim Nusantara dapat melakukan kegiatan antar kerja.


Di samping itu, ujarnya lagi, BKK SMK Maritim Nusantara juga menerima dan memberi informasi tentang lowongan pekerjaan di instansi pemerintah, BUMN/D dan swasta, baik dalam negeri maupun yang ada di luar negeri. “BKK SMK Maritim Nusantara Sungai Limau merupakan perpanjangan tangan Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja dan UKM Kabupaten Padang Pariaman,” ungkapnya.


AS Edi menambahkan, berbekalkan surat itu SMK ini terus mengembangkan sayapnya, menjawab masa depan taruna dan taruni serta lapangan pekerjaan yang kian konflek. Sebagai sekolah kejuruan yang berbasis pesantren, para taruna tidak saja mahir dalam berbagai ketrampilan, seperti mesin, kapal, mencetak batako dan batubata, dan lain sebagainya. Tetapi juga diajarkan relegiusnya.


“Itulah maksud awal pendirian sekolah ini, yang sekaligus diiringi dengan pembuatan Rumah Tahfidz Quran agar para taruna mampu mendalami ilmu agama sekaligus,” ungkapnya.


Menurut AS Edi, sejak sekolah ini didirikan, berbagai calon taruna berdatangan dari berbagai daerah di Sumatera Barat. “Surat dari Pemkab Padang Pariaman ini semakin menambah kekuatan SMK Maritim Nusantara dalam penyediaan lapangan pekerjaan, baik yang ada di nusantara ini maupun yang ada di mancanegara,” sebutnya.


Peneguhan itu, kata dia, juga dilakukan pelatihan di sekolah tersebut yang menghadirkan Ahmad Ridho dan Lismaneti, dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat. “Pelatihan yang dilakukan Selasa kemarin itu baru dikhususkan buat keluarga besar SMK Maritim Nusantara, termasuk alumni yang telah tamat di sekolah ini yang masih belum dapat pekerjaan,” ungkapnya.

“Pelatihan yang berlangsung sehari penuh itu, kita diajarkan cara pendirian dan pengelolaan BKK, pelayanan BKK Online, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan dunia tenaga kerja,” ujar AS Edi. (501)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial