Menjelajahi Dunia Maritim: Field Study Taruna SMK Maritim Nusantara ke PPS Bungus Padang

Puluhan siswa dari SMK Maritim Nusantara Kabupaten Padang Pariaman baru-baru ini melaksanakan Field Study ke PPS Bungus Padang. Kegiatan ini menjadi bagian rutin dan wajib yang diikuti oleh setiap taruna dan taruni baru setiap tahunnya. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan praktis yang bersumber dari lapangan. Pada Jumat, 28 Juli 2023, acara ini digelar di Gedung PPS Bungus dengan APK APBN Madya Bayo Eko Wibowo sebagai narasumber.

Tidak hanya sebagai kunjungan biasa, kegiatan ini juga diarahkan untuk meningkatkan kompetensi keahlian para Taruna/i. Kunjungan siswa SMK Maritim ini disambut dengan antusias oleh Pelaksana Harian Kepala PPS Bungus, Melly Masyur.

Dalam sambutannya, Ibu Melly Masyur menyampaikan selamat datang kepada guru-guru dan Taruna/i. “Kehadiran guru dan Taruna/i telah kami nantikan, kami pun juga sangat senang menyambut kedatangan adik-adik ke PPS Bungus,” ucap Melly Masyur. Ia menjelaskan bahwa di PPS Bungus, pendekatan pembelajaran yang diutamakan, karena di sini, hak pendidikan yang sama didukung bagi setiap individu.

“Adik-adik Taruna/i akan kami ajak untuk berkeliling melihat beberapa fasilitas, di antaranya Coldstorage, Area Docking, dan Bengkel. Adik-adik juga akan mendapatkan pengalaman langsung merasakan suasana lapangan yang tentunya berbeda jauh dengan pengalaman di SMK. Kami juga mendorong adik-adik Taruna/i SMK untuk bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini,” ucap Ibu Melly Masyur.

Sementara itu, Restu Nur Illahi, perwakilan guru dari SMK Maritim Nusantara Sungai Limau, menyampaikan terima kasih kepada PPS Bungus atas sambutan hangatnya. “Alhamdulillah, terimakasih kami ucapkan kepada bapak ibu pimpinan dan jajaran di PPS Bungus. Semoga kegiatan ini akan terus terjalin harmonis dan bermanfaat bagi Taruna/i kami. Semoga dapat membantu Taruna/i sekolah kami untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian mereka, terutama di bidang kelautan dan perikanan. Semua ini akan menjadi bekal yang berharga bagi mereka.”

Dalam rangkaian kegiatan ini, peserta didik diberikan kesempatan untuk mempelajari, bertanya, dan memberikan umpan balik. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjalankan aksi nyata sebagai respons terhadap tahapan belajar dan kebutuhan mereka. Dengan demikian, kunjungan ini tidak hanya menjadi pengalaman lapangan biasa tetapi juga menjadi momen berharga dalam pembentukan pengetahuan dan keterampilan mereka di dunia maritim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial